Kamis, 15 November 2012

Operasi Informasi


Dalam komputer, ada empat tahap operasi yang selalu terjadi. Keempat tahap itu adalah operasi input, prosesing, penyimpanan, dan operasi output. Adapun selain keempat tahap tersebut, ada tahap lain yang juga sering terjadi pada komputer, yaitu komunikasi. Berikut saya akan menjelaskan kelima operasi pada komputer tersebut:
1.Input
Tahap pertama dalam operasi komputer adalah operasi input. Operasi input adalah proses memasukkan data oleh user untuk diolah oleh komputer. Operasi ini biasa dilakukan dengan media-media hardware semacam keyboard, mouse, dsb.
2.Prosesing
Tahap ini merupakan tahap pengolahan yang dilakukan oleh komputer terhadap data-data yang telah dimasukkan dalam operasi input. Tahap ini juga merupakan pusat dari segala aktivitas komputer. CPU atau processor adalah media yang menjadi tempat berlangsungnya proses ini. CPU juga biasa dianggap sebagai otak dari komputer. Karena segala aktivitas komputer berinti di sini.
3.Penyimpanan
Data-data yang telah diproses tentunya perlu disimpan agar bisa kembali dibuka di saat user membuthkan. Nah, data-data tersebut kemudian akan disimpan dalam komputer. Adapun media penyimpanan yang bisa digunakan ada banyak macamnya. Namun media penyimpanan utama pada komputer adalah harddisk.
4.Output
Tahap ini adalah tahap pemunculan semua data-data yang telah diproses dan disimpan. Data yang dimunculkan oleh media output dapat berupa suara, gambar, video, benda konkret, dsb. Adapun hardware yang menjadi media output antara lain monitor, printer, speaker, dsb.
5.Komunikasi
Tahap komunikasi adalah dimana suatu komputer telah bisa terhubung dan saling memberikan informasi dengan komputer lain. Dengan kata lain komputer tersebut telah terhubung dengan internet untuk melakukan aktivitas online.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar